BLANTERVIO103

BNI Melayani dan Selalu di Hati

BNI Melayani dan Selalu di Hati
Selasa, 31 Mei 2016


Bank Negara Indonesia atau lebih dikenal dengan BNI. Rekening tabungan pertama kali saya adalah BNI , bahkan sampai sekarang saya hanya memiliki rekening BNI saja. Awalnya dulu, rekening yang saya punya adalah BNI Tapma (Taplus Mahasiswa). Karena BNI menjalin kerjasama dengan Universitas tempat saya jaman kuliah dulu, sehingga saat mahasiswa baru saya langsung mendapatkan rekening BNI Tapma. Untuk kebanyakan mahasiswa –termasuk saya,  biaya administrasi BNI Tapma kala itu sangatlah murah meriah hanya 2.500 per bulan dan setorannya minimal bisa hanya 5.000 saja. Bahkan saat pengambilan uang pakai kartu debitnya bisa disisakan saldo dibawah 50.000. Sangat menolong anak kuliahan di akhir bulan, khususnya yang pada nge-kos. Hehehe…

Berlanjut, saat saya kuliah di tahun ke-4, saya berkesampatan mengikuti program Asia Pasific Leader di HongKong. Otomatis saya harus mengupgrade rekening saya yang awalnya hanya BNI Tapma ke rekening yang kartu debitnya berlogo MasterCard. Tau sendirilah, kalau diluar negeri pasti kita nantinya butuh uang cash. Sehingga kita nantinya bisa menarik uang di ATM di negara yang kita kunjungi kapan saja. Saat itu ada 2 pilihan antara saya upgrade ke BNI Taplus Muda atau BNI Taplus. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya memilih BNI Taplus dengan Kartu Debit Silver. Untuk BNI Taplus Muda menurut saya enak sekali. Karena untuk biaya saldo minimal dengan saldo ditahan (mengendap) itu dibedakan, sedangkan bank-bank yang lain itu disamakan. Untuk BNI Taplus saldo minimalnya adalah 150.000 dan saldo ditahan adalah 15.000. Artinya meskipun di rekening hanya ada saldo 120.000. Kita tetap masih bisa menarik uang atau menggunakan transaksi. Yang terpenting saldo sisa setelah penarikan atau transaksi masih di atas 15.000. Beda dengan bank lain yang rata-rata saldo minimal dan saldo ditahan 100.000. Otomatis sisa saldo setelah transaksi harus di atas 100.000. Gimana? Masih ragu menggunakan BNI Taplus?
Oh iya.. satu lagi. Untuk biaya administrasi bulanannya BNI Taplus yaitu sebesar 11.000. Dan denda jika saldo dibawah minimal adalah 5.000. So.. jaga saldo kalian selalu di atas 150.000 di akhir bulannya ya! ;)

Eh iya, saat di HongKong pun saya menemukan BNI lho. Yaitu di daerah Victoria tepatnya di depan KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) HongKong dan di daerah Hung Hom. Ini dia fotonya yang di daerah Hung Hom (untuk yang di Victoria tidak sempat ambil fotonya). 
 
BNI di daerah Hung Hom, HongKong.
 Saat di HongKong pun ada cerita menarik terkait rekening bank. Karena saya dan teman-teman tinggal selama 1 bulan penuh otomatis ada yang kehabisan uang. Dan salah satu teman saya yang dari Indonesia (yang memakai rekening bank non BNI) sempat meminjam rekening bank saya untuk transfer uang dari Indonesia ke HongKong. Katanya sih ada masalah terkait rekening banknya. Hehe..
Dan saat sebelum ke HongKong pun saya juga sudah mengaktifkan Internet Banking melaui ATM, tapi masih sekedar untuk mengecek saldo dan transaksi terakhir. Karena belum saya aktifkan e-secure ataupun m-secure nya. Sehingga Internet Bankingnya masih yang non transaksi. 

Dikesibukan saya sekarang ini yang sudah lulus sarjana 1 tahun lalu, yaitu selain mengajar di salah satu sekolah di Semarang, saya juga mencari pendapatan sampingan dengan berjualan online. Karena jualan online itu market pasarnya ke seluruh Indonesia, otomatis pembayarannya harus melalui transfer. Dan saya pun masih setia menggunakan BNI Taplus saya. Baik saya gunakan untuk no.rekening transfer pembeli saya ataupun untuk bertransaksi dengan rekan bisnis saya yang tidak cuma di wilayah Semarang saja. 

Kenapa saya masih setia menggunakan BNI untuk berjualan online? Sebelumnya saya berikan alasannya, saya mau sedikit cerita dulu. Saya berjualan online ini, kadang pembeli melakukan transaksi langsung dengan saya atau melalui situs e-commerce. Saya paling sering menggunakan 2 situs e-commerse, yaitu yang perusahaannya identik dengan warna hijau dan yang identik dengan warna merah. Lha, saat penarikan dana untuk rekening BNI itu tidak dibebankan biaya sama sekali. Sedangkan ada bank lain yang tiap penarikan dana dibebankan biaya sebesar 1.500. Pastinya yang pernah jualan di situs e-commerce tersebut tahu terkait hal ini. Hehe.. Ya, itu lah alasan kenapa saya tetap menggunakan BNI. J

Minggu-minggu ini saya juga sedang mengurus e-secure BNI agar memudahkan transaksi online saya, salah satunya untuk berjualan online. Di atas tadi kan saya sudah jelaskan kalau internet banking saya masih yang non-transaksi. Otomatis hanya bisa untuk cek saldo dan transaksi terakhir. Meski begitu, hal itu sudah sangat membantu saya untuk mengecek bukti transfer yang dikirimkan pembeli dengan riwayat transaksi di http://ibank.bni.co.id/. Jadi bisa mengecek, apakah pembeli tadi benar-benar transfer apa tidak. Kalau yang transfer banyak orang dan dalam waktu yang bersamaan otomatis hal ini akan membatu kita. Tapi hal ini belum cukup buat saya. Makanya saat mau menggunakan e-secure untuk memudahkan transaksi saya. Sehingga saat transfer, saya tidak perlu jauh-jauh ke ATM. Cukup duduk di depan laptop saja. Hehe…

Jadi minggu lalu, tepatnya hari Selasa, 24 Mei 2016. Saya pergi ke BNI Kantor Cabang Universitas Negeri Semarang untuk mengurus e-secure. Ambil nomor antrian, naik ke lantai dua dan menunggu nomor antrian saya dipanggil. Beberapa menit kemudian nomor antrian saya dipanggil. Tidak begitu lama menunggu sih, soalnya saya cuma menunggu 2 orang sebelum saya. Saat sudah di depan mbak CS nya saya mengutarakan keinginan saya untuk mengaktifkan e-secure saya. Saya diminta menunjukkan kartu identitas, kartu debit dan buku rekening tabungan. Saat mbak nya login di akunnya, untuk mengaktifkan e-secure BNI, saya ditanya terkait info pribadi (waktu itu ditanya nama ibu kandung saya). Mungkin untuk lebih memastikan kalau yang berhadapan dengannya benar-benar orang yang memiliki rekening BNI Taplus yang mau mengaktifkan e-secure nya. FYI, e-secure itu nantinya kalian akan diberikan semacam alat (seperti kalkulator kecil) untuk bisa melakukan transaksi. Dan kalian akan dikenakan biaya 10.000, sebagai pengganti biaya alat tersebut. Kalau ada yang tanya bedanya e-secure dengan m-secure apa? Kalau m-secure itu untuk aplikasi mobile banking yang di install di hp Android ataupun iPhone. Karena saya belum punya Android/iPhone otomatis saya memilih e-secure. Tapi oh tetapi, saat mengurus minggu lalu, ternyata alat e-securenya sedang kosong. 1 minggu setelahnya saya disuruh dating kembali. Sebenarnya hari ini tadi saya datangnya. Karena ada acara lain, jadinya ke kantor BNI nya saya undur besok. Oke.. sampai di sini dulu ya. Nantikan cerita selanjutnya dari saya terkait BNI. Dari semua kisah yang sudah saya ceritakan tadi, apa kalian masih ragu untuk membuka rekening BNI? Ayo buka rekening BNI sekarang! ;)



Share This Article :
Moh Syaifudin

TAMBAHKAN KOMENTAR

8068807973247711497