BLANTERVIO103

Panduan Command Line

Panduan Command Line
Kamis, 25 November 2021

 

Command Line adalah tool untuk berinteraksi dengan komputer dengan hanya menggunakan text (juga dikenal sebagai text interface) daripada metode lain seperti klik dan scrolling. Membuat file baru, command touch. Anda dapat membuat file kosong dengan mengetik touch file_name dan menjalankannya.
Untuk menampilkan konten dari sebuah file, gunakan command cat. Untuk menggunakan command cat, ketik cat file_name.

  • Make Directory = mkdir

Anda dapat membuat direktori baru menggunakan command. Sebuah direktori dikenal juga dengan istilah folder. Untuk membuat sebuah direktori, gunakan command mkdir sebagai berikut: mkdir directory_name.

  • Change Directory = cd

Anda dapat menggunakan command cd untuk berpindah ke direktori lain. Dengan mengetik cd directory_name, Anda dapat berpindah ke suatu direktori spesifik. 

Direktori saat ini ditampilkan di sebelah kiri $. (Pada direktori induk, hal itu adalah ~). Pada struktur file komputer, ada direktori root pada bagian atas. Direktori root direpresentasikan dengan /.

  • Print Working Directory = pwd

Pada command line, sangat penting untuk mengetahui direktori dimana Anda bekerja. Ada command yang disebut pwd untuk mengecek itu. Saat Anda menjalankan command pwd seperti pada gambar di bawah, semua direktori dari direktori root sampai direktori saat ini akan ditampilkan.

Saat berpindah diantara direktori, akan lebih mudah jika kita dapat melihat daftar file dan direktori di dalam direktori saat ini. 

  • List = ls

Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan command ls seperti ditampilkan di bawah. 

Perlu dicatat bahwa command ls hanya akan menampilkan direktori dan file yang merupakan anak langsung dari direktori saat ini.

Kita sudah belajar bagaimana menggunakan command cd, namun kita belum tahu bagaimana cara berpindah ke direktori induk.

Jika Anda ingin berpindah ke direktori induk, Anda dapat menggunakan simbol khusus .., seperti cd …

Jika Anda menjalankan cd tanpa menetapkan sebuah direktori, Anda dapat berpindah ke apa yang disebut direktori awal (home).

Direktori awal diwakilkan tanda ~ seperti pada gambar di bawah.

Direktori awal, merujuk pada direktori dasar untuk pengguna. Karena hal ini penting, berpindah ke direktori awal dibuat mudah.

Mengelola File dan Folder

Dari sini, kita akan mempelajari bagaimana menjalankan berbagai operasi seperti memindahkan, menyalin, dan menghapus file dengan command.

  • Move = mv

Mari kita mulai dengan command untuk memindahkan sebuah file. Untuk melakukan ini, kita gunakan command mv. Dengan mengetik mv file_yang_dipindahkan direktori_tujuan, Anda dapat memindahkan sebuah file ke direktori yang dispesifikasikan. Dengan command mv, Anda juga dapat memindahkan direktori, bukan hanya file.

Dengan mengetik mv direktori_yang_dipindahkan direktori_tujuan, Anda dapat memindahkan semua file dan direktori di bawah direktori tersebut.

Command mv, yang kita gunakan untuk memindahkan file dan direktori sebelumnya, dapat juga digunakan untuk menamai ulang sebuah file. Anda dapat menamai ulang sebuah file dengan mengetik mv nama_file_lama nama_file_baru.

  • Copy = cp

Selanjutnya, mari kita lihat bagaimana menyalin file-file. Untuk melakukannya, kita dapat menggunakan command cp. Anda dapat menyalin sebuah file dengan mengetik cp file_yang_disalin nama_file_baru. Dengan command cp, Anda juga dapat menyalin direktori dengan menambahkan pilihan -r (Recursive copy), seperti cp -r directory_yang_disalin nama_directori_baru.

  • Remove = rm

Selanjutnya, mari kita lihat bagaimana menghapus sebuah file. Untuk melakukannya, kita dapat menggunakan command rm, seperti rm file_yang_dihapus. Anda juga dapat menghapus sebuah direktori dengan menambahkan pilihan -r ke command rm, seperti rm -r direktori_yang_dihapus. Seperti command cp, Anda akan mendapat error jika lupa menambahkan -r.

(Ditulis berdasarkan pengalaman penulis belajar di Progate)
Share This Article :
Moh Syaifudin

TAMBAHKAN KOMENTAR

8068807973247711497